Minggu, 01 November 2015

RANCANG BANGUN JARINGAN KELAS 11



Proses Pengiriman Informasi di Internet
            Ketika dua komputer berkomunikasi, terjadi aliran data antara pengirim dan penerima melalui layer-layer dan protokol yan terdapat dalam arsitektur jaringan TCP/IP. Pada pengirim, aliran data adalah dari atas ke bawah. Proses komunikasi data di atas dapat dijelaskan seperti pada gambar berikut ini :

a.                   Data dari user maupun suatu aplikasi dikirimkan ke Lapisan Transport dalam bentuk paket-paket dengan panjang tertentu. Protokol menambahkan sejumlah bit pada setiap paket sebagai header yang berisi informasi mengenai urutan segmentasi untuk menjaga integritas data dan bit-bit pariti untuk deteksi dan koreksi kesalahan.
b.                  Dari Lapisan Transport, data yang telah diberi header tersebut diteruskan ke Lapisan Network / Internet. Pada lapisan ini terjadi penambahan header oleh protokol yang berisi  informasi alamat tujuan, alamat pengirim dan informasi lain yang dibutuhkan untuk melakukan routing.
c.                   Kemudian terjadi pengarahan routing data, yakni ke network dan interface yang mana data akan dikirimkan, jika terdapat lebih dari satu interface pada host. Pada lapisan ini juga dapat terjadi segmentasi data, karena panjang paket yang akan dikirimkan harus disesuaikan dengan kondisi media komunikasi pada network yang akan dilalui.

Peralatan pada Pusat Operasi Jaringan
            Peralatan yang dibutuhkan dalam suatu jaringan sangat tergantug dengan konfigurasi yang digunakan untuk menyusun sebuah jaringan, media transmisi data, serta besar kecilnya jangkauan jaringan. Secara umum suatu jaringan dapat terdiri dari beberapa perangkat keras seperti berikut:
1.      Server
            Server adalah komputer dengan kecepatan tinggi dengan kapsitas memori (RAM) dan simpanan yang besar, dan dihubungkan dengan kartu jaringan yang cepat (Fast Network Interface).

2.      Workstation
            Workstation merupakan komputer standar yang dikonfigurasi menggunakan kartu jaringan, perangkat lunak jaringan dan kabel kabel yang diperlukan. Beberapa workstation tidak membutuhkan simpanan lokal seperti flopy disk atau harddisk. Hal ini disebabkan karena semua file kerja dapat disimpan pada server.

3.      NIC (Network Interface Card)
            NIC merupakan peralatan yang memungkinkan terjadinya hubungan antara jaringan dengan komputer workstation atau jaringan dengan komputer server. Ada beberapa macam NIC yang sering digunkan dalam jaringan :
·         Kartu Token Ring : digunakan untuk protokol jaringan yang dibangun oleh IBM
·         Kartu Local Talk : digunakan untuk protokol yang dimiliki oleh apple corporation yang menggunakan skema media akses CSMA?CA dan mendukung transmisi data pada kecepatan 230 Kbps.
·         Kartu Ethernet : digunakan untuk suatu protokol jaringan ethernet yang diciptakan pertama kali oleh xerox corporation
·         Kartu WLAN : digunkan dalam jaringan WLAN dilengkapi dengan antena yang digunakan untuk memancarkan dan menerima data sebagai pengganti media kabel.

4.      HUB
Adalah alat yang menyediakan titik pusat hubungan untuk kabel dari workstation, server dan peralatan jaringan yang lain. Hub bertindak sebagai titik pengendali untuk aktivitas sistem, pengelolaan serta pengembangan jaringan.

5.      Switch
            Adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa LAN yang terpisah serta menyediakan filter paket antar LAN. Switch adalah peralatan multi port, masing masing mendukung satu workstation, jaringan Ethernet atau jaringan Token Ring.
            Switch digunkan untuk meningkatkan kinerja jaringan suatu organisasi dengan cara pembagian jaringan yang besar dalam beberapa jaringan yang lebih kecil, tetapi masih menyediakan interkoneksi yang memadai antar jaringan. Switch meningkatkan kinerja jaringan dengan cara menyediakan dedikasi bandwidth pada masing masing port, tanpa mengganti peralatan yang ada, switch juga dapat mendukung banyak transmisi secara serentak.

6.      WAP (Wireless Access Point)
Adalah peralatan yang berfungsi sebagai pusat kominikasi data dalam jaringan WLAN (Wireless LAN).

7.      Bridge
            Alat yang berfungsi membagi sebuah jaringan besar menjadi dua jaringan yang lebih kecil, sehingga menjadi jaringan yang lebih efisien.

8.      Repeater
            Adalah alat yang dapat menguatkan (boost) isyarat jaringan yang melintasinya.

9.      Router
Adalah sebuah alat yang berfungsi mengubah informasi dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Yang dapat dilakukan oleh router adalah sebagai berikut :
·         Mengarahkan lalu lintas isyarat secara efisien
·         Mengarahkan pesan antara dua sembarang protocol
·         Mengarahkan pesan antar topologi jaringan yang berbeda
·         Mengarahkan pesan melintasi tipe kabel yang berbeda

Kabel dan Konektor
            Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lainnya atau dengan peralatan jaringan lainnya yang digunakan membentuk jaringan.

A.    Kabel
            Fungsi Kabel yaitu sebagai media penghantar sinyal. Kabel yang biasa digunakan dalam jaringan ada 3 jenis, yaitu sebagai berikut:

1.      Kabel twisted pair.
Kabel twisted pair dibagi menjadi 2 macam, yaitu berselubung pembungkus dan tidak.

a.       Karakteristik kabel ini adalah sebagai berikut.
-        Merupakan sepasang kabel yang di-twist satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik.
-        Dapat terdiri atas 2, 4 atau lebih pasangan kabel.
-        Ada 2 jenis kabel twisted pair, yaitu UTP (Unshielded twisted pair) dan STP (Shielded twisted pair).
-        Dapat melewatkan sinyal 10-100 Mbps.
-        Hanya dapat menangani satu channel data.
-        Koneksi pada twisted pair biasanya menggunakan konektor RJ-11 atau RJ-45.

b.      Kelebihan dari kabel twisted pair adalah :
-        Tahan terhadap interferensi gelombang
-        Memiliki perlindungan dan antisipasi tekukan

c.       Kelemahan kabel twisted pair adalah :
-        Lebih mahal dari pada UTP
-        Jarak jangkauan hanya 100 m
-        Instalasi lebih sulit dari pada UTP

2.      Kabel UTP
            Pengertian Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah suatu kabel yang digunakan sebagai media penghubung antar komputer dan peralatan jaringan (hub atau switch). Dibandingkan dengan kabel lain kabel UTP merupakan kabel yang sering di pakai untuk membuat jaringan komputer. Kabel ini berisi empat pasang (pair). Connectors (8P8C) yang biasa disebut RJ-45 (RJ=register jack) merupakan pasangan dari kabel UTP.
a.       Karakteristik kabel ini adalah sebagai berikut :
-        Connector yg dipakai pada ujung kabel (semua jenis/category) UTP adalah RJ45 terdiri dari 4 pasang (pair) kabel yang dipilin (twisted).
-        kabel straight digunakan untuk menghubungkan komputer dengan hub (switch) kabel cross digunakan untuk menghubungkan hub (switch) dengan hub (switch) lainnya.
-        maksimum panjang kabel UTP yang dapat dipakai untuk menyalurkan informasi adalah 50 meter.

b.      Kelebihan kabel UTP :
-        Harganya yang murah
-        Instalasi mudah
-        Ukuran kecil

c.       Kekurangan kabel UTP :
-        Rentan terhadap intervensi (gangguan) gelombang magnetic
-        Jarak jangkauan hanya 100 m

3.      Kabel Coaxial
Adalah sarana penyalur atau pengalirhantar (transmitter)yang bertugas menyalurkan setiap informasi yang telah diubah menjadi sinyal sinyal listrik.

a.       Kelebihan Kabel Coaxial adalah :
-        Hampir tidak terpengaruh noise dan arga relatif murah.

b.      kelemahannya Kabel Coaxial adalah :
-        Penggunaanya mudah dibajak
-        untuk kabel jenis thick coaxial sulit untuk dipasang pada beberapa jenis ruang karena tidak fleksibel dan berat.



B.     Konektor
            Yang dimaksud dengan Konektor (Connector) dalam Teknik Elektronika adalah suatu komponen Elektro-Mekanikal yang berfungsi untuk menghubungkan satu rangkaian elektronika ke rangkaian elektronika lainnya ataupun untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya. Pada umumnya, Konektor terdiri Konektor Plug (male) dan Konektor Socket (female).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar