Minggu, 01 November 2015

MAKALAH KOMPUTER TERAPAN 11



BAB I
Sistem Komputer Minimal

I.       Pengertian komputer terapan jaringan .
Komputer terapan jaringan adalah sekelompok computer rekayasa(terapan)      yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protocol komunikasi melalui mediakomunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras dengan tujuan membawa informasi secara cepat dan tepat dari sisi pengirim (Transmitter) menuju ke sisi penerima (Receiver).

II.    Bagan sistem komputer minimal.



III. Fungsi tiap bagian bagan sistem komputer minimal.
Pemroses (processor) - Berfungsi mengendalikan operasi komputer &  melakukan fungsi pemrosesan data.
a.       Memori Utama - Berfungsi menyimpan data & program. Biasanya volatile  : tidak dapat mempertahankan data & program yang disimpan bila sumber daya energy (listrik) dihentikan.
b.      Perangkat masukan dan keluaran - Berfungsi memindahkan data antara computer & lingkungan eksternal yaitu : perangkat penyimpan sekunder, perangkat komunikasi, terminal, dsb
c.       Interkoneksi antarkomponen (bus) - adalah struktur & mekanisme untuk menghubungkan pemroses, memori utama, & perangkat masukan/keluaran.

IV. Macam dan jenis komputer terapan jaringan, berdasar-kan:
a.       Fungsi alat.

Ø  Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
            Wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Wireless LAN menggunakan gelombang elektromagetik (radio dan infra merah) untuk melakukan komunikasi data menyalurkan data dari satu point ke point yang lain tanpa melalui fasilitas fisik. Koneksi ini menggunakan frekuensi tertentu untuk menyalurkan data tersebut, kebanyakan Wireless LAN menggunakan frekuensi 2,4 GHz.

Kelebihan dan Kekurangan Wirelles :
Kelebihan :
1.      Pemeliharaan murah
2.      Infrastruktur berdimensi kecil
3.      Pembangunan cepat
4.      Mudah dan murah untuk direlokasi dan mendukung portabilitas
5.      Koneksi internet akses 24 jam
6.      Akses internet yang cepat
7.      Bebas tanpa pulsa telepon
8.      Ramah lingkungan10.Memungkinkan menjangkau tempat yang sulit
secara geografis.
            Kekurangan :
1.      Biaya peralatan mahal
2.      Delay yang sangat besar
3.      Kesulitan karena masalah propagasi radio
4.      Keamanan data
5.      Kapasitas jaringan karena keterbatasan spectrum
6.      Rentan terhadap noice

Ø  Jaringan Berkabel (Wired Network)
            Wire Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai mediapenghantar. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakanbahan sejenis fiber optic atau serat optik. Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada LAN.

Kelebihan dan Kekurangan jaringan Berkabel :
Kelebihan:
1.      Tidak rentan terhadap penyadapan data dibanding teknologi wireless.
2.      Dengan Kabel, kecepatan yang dikutip dalam Mbps (ke bawah atau ke
atas).
Kekurangan :
1.      Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi.
2.      Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya acoecrosstalka dan sinyal acoenoisea
b.      Alat koneksi.
Ø  Client-Server
Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client (biasanya aplikasi yang menggunakan GUI) dengan server. Masing-masing client dapat meminta data atau informasi dari server. Sistem client server didefinisikan sebagai sistem terdistribusi.
Ø  Peer to Peer
Peer To Peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).
Ø  Hybrid Network
Hybrid Network adalah Network yang dibentuk dari berbagai Topologi (seperrti dan Teknologi. Sebuah Hybrid Network mungkin sebagai contoh, diakibatkan oleh sebuah pengambilan alihan suatu perusahaan. Sehingga, ketika di gabungkan maka teknologi-teknologi yang berbeda tersebut harus digabungkan dalam network Tunggal. Sebuah Hybrid metwork memiliki semua Karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan tersebut.

c.       Ukuran.
Ø  LAN
      Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan computer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.
      Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.      Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.      Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.      Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Ø  MAN
      Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km
Ø  WAN
      WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
Ø  INTERNET
      Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

d.      Interkoneksi berdasarkan jarak antar node.
Jarak antar computer
Lokasi / area
Jenis jaringan
1 - 10 m
Ruangan
LAN
100 -< 1 km
Gudang perkantoran
LAN
1 – 10 Km
Kota
MAN
10 -< 100 km
Kabupaten, provinsi
MAN
ð  100 km
Negara
WAN
ð  1000 km
Benua
WAN
ð  10.000 km­
Planet
Internet

BAB II
KINERJA JARINGAN KOMPUTER

1.      Fungsi spesifik piranti pendukung jaringan komunikasi data
A.    Hardware Pendukung Jaringan Internet :
1.      Modem
-        Adalah alat komunikasi dua arah agar dapat berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider
-        penyedia jasa internet) yang memberikan akses berkecepatan tinggi ke internet melalui jaringan kabel televisi.

2.      HUB
-        Untuk menghubungkan antar segmen dalam jaringan. Bekerja pada level fisik (layer pertama) dari model referensi OSI.
-        Hub bertugas mengkoneksikan setiap node agar terhubung dengan sebuah backbone utama dalam proses transmisi data.

3.      Router
-        Alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya.
-        Sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
-        Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

4.      Kartu Jaringan (NIC)
-        Sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter.
-        Berfungsi untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.

B.   Software Pendukung Jaringan Internet
1.      Sistem operasi
Sistem operasi jaringan untuk menangani jaringan. beberapa layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.Sistem operasi jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:
-        Microsoft MS-NET
-        Microsoft LAN Manager
-        Novell NetWare
-        Microsoft Windows NT Server
-        GNU/Linux
-        Banyan VINES
-        Varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solaris



2.      Web browser
a.       Internet Explorer (IE)
Internet Explorer adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft dan paling banyak digunakan. Kelemahan utama IE adalah pada masalah security (tidak aman).

b.      Mozilla Firefox
Firefox dari Mozilla Corporation adalah freeware yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan IE, mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna.

c.       Opera
Kelebihan browser Opera adalah mampu menampilkan halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain.

d.      Google Chrome
Google melancarkan web browser dengan meluncurkan Chrome, sebuah web browser baru yang diklaim memiliki terobosan baru dalam kecepatan, kemudahan penggunaan, serta integrasi yang baik dengan aplikasi berbasis web.

e.       Lunascape
Lunascape, sebuah browser baru yang mampu menangani tiga redenring engine terbesar, yakni Firefox Gecko, Internet Explorer Trident dan WebKit, yang bisa digunakan di Safari dan Chrome.

f.       Safari
Safary adalah browser milik Apple. Apple memasang Nitro Engine untuk menggenjot kecepatan Safari 4. Nitro Engine adalah mesin JavaScript super cepat yang digunakan untuk melipatgandakan kemampuan JavaScript pada browser Safari sampai 30 kali lipat lebih cepat.



2.      Piranti Penyimpan dan Penyedia Data :

1.      Hard disk
alat penyimpanan data sekunder kapasitas besar dan bervariasi, serta memiliki interface yang berbeda sesuai teknologi. Fungsi utama untuk meyimpaan system operasi dan aplikasi yang ada. Namun juga ada hard disk eksternal yang fungsinya untuk menyimpan data tetapi lebih portable karena menggunakan interface USB.

                                                                      

2.      Flashdisk
merupakan media penyimpan data dengan kapasitas kecil, berfungsi sebagai alat bootable media sistem operasi komputer karena dapat diganti sesuai keperluan dan tidak terbatas. Namun flashdisk dapat disalah fungsikan, yaitu untuk menyebarkan virus untuk menyerang computer dan mencuri data.



 
  
3.      Floppy Disk
adalah alat penyimpanan yang berbentuk persegi atau persegi panjang dengan daya penyimpanan sebesar 1,44 MB. Fungsionalitas sebagai penyimpan data portable pada masanya floppy disk hanya cukup menampung beberapa file saja. Disket juga berfungsi sebagai media untuk menjalankan OS DOS.


4.      CD
adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul, mempunyai diameter luar 120 mm dan diameter 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar 750 MB. kebebanyakan digunakan untuk menyimpan data berupa music, gambar, dan video.



 
                                                                                                                    
5.      DVD
merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB. Pada umunya media DVD digunakan untuk instalasi OS, walaupun begitu DVD juga berfungsi sama seperti CD.

6.      Blue Ray
versi selanjutnya dari CD dan DVD yaitu Blue Ray yang merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan DVD. Kapasitasnya juga tentu jauh lebih besar yaitu sekita 50GB. Bluray dipasaran kebanyakan digunakan untuk penyimpanan film/video.

7.      RAM
adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program.

8.      Cache Memory
merupakan media penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi, dimana tempat menyimpan data atau informasi sementara yang sering digunakan atau diakses oleh komputer.
Fungsi Cache Memory
-        Mempercepat Akses data pada computer
-        Meringankan kerja prosessor
-        Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu dan memory utama.
-        Mempercepat kinerja memory

9.      ROM
Umumnya ROM tidak dapat diubah oleh sembarang pihak, karena ROM hanya dapat diakses dengan software tertentu dalam pengisiannya. Biasanya, data atau program yang tertulis pada ROM diisi oleh pabrik yang membuatnya. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras.



C.   Kartu Antar Muka Jaringan
       Kartu antarmuka jaringan (Network Interface Card=NIC) menyediakan hubungan secara fisik antara jaringan dan komputer workstation.
        Tiga macam NIC yang umum digunakan adalah kartu Ethernet, Konektor Local Talk, dan kartu antar muka jaringan Token Ring. Dari ketiga macam kartu antar muka jaringan tadi, kartu Ethernet adalah yang paling populer, diikuti oleh Token Ring dan Local Talk.

a.       Ethernet Card
Kartu Ethernet menyediakan sambungan untuk coaxial dan kabel twisted pair.Apabila dirancang untuk kabel coaxial, sambungannya berupa BNC. Apabila dirancang untuk kabel twisted pair, sambungannya berupa RJ-45.

b.      Token Ring Card
Kartu Token Ring persis seperti Ethernet. Satu bagian yang membedakan adalah tipe konektor di kartu antar muka tersebut. Kartu Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor sembilan pin DIN yang terletak pada kartu.

D.    Konsentrator Ethernet :
adalah perangkat untuk menyatukan kabel – kabel jaringan dari setiap workstation , server atau perangkat dalam sebuah jaringan komputer.
Jenis – jenis konsentrator yang umumnya digunakan adalah :

·         Hub atau Repeater
Hub tidak mengatur alur jalannya data dijaringan, setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada sehingga packet data tersebut sampai ke tujuan.  Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan.


·         Switch
Switch adalah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan.


·         Bridge
Bridge adalah jenis konsentrator yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan transmisi berbeda. Bridge juga dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda. Bridge juga dapat mengetahui alamat setiap client yang terhubung pada jaringan.


·         Router
Router adalah jenis konsentrator yang dikhusus kan untuk menangani koneksi antar dua atau lebih jaringan yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat asal dan alamat tujuan dari paket yang melewatinya dan memutuskan rute yang akan dilewati paket tersebut untuk sampai ke tujuan.


E.     Printer server
         Printer server adalah alat yang dapat digunakan untuk mengakses printer atau gadget lain (scanner, external hard drive, flash drive, memory card reader, USB Webcam, USB Speaker) dari komputer mana saja tanpa harus ada komputer yang bertindak sebagai server. Didesain untuk berbagi USB dengan seluruh jaringan (Print LAN) di rumah maupun di kantor.

F.      Titik akses nirkabel
adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Biasanya tersambung ke suatu router yang meneruskan data antara berbagai peranti nirkabel dengan jaringan berkabel pada suatu jaringan. Sehingga berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan.
  

  

BAB III

Peripheral – peripheral Jaringan pada Komputer Terapan

1.      Pengertian Peripheral
          Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke computer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun perangkat peripheral wireless.Peripheral ini bertugas membantu computer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
*      Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh : monitor,keyboard dan mouse.

*      Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan computer tetapi diperlukan unutk kegiatan tertentu. Contoh : printer,modem, web cam dll.
          Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian computer terbagi menjadi:
a.       Perangkat masukan (input)
v  Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya
b.      Perangkat keluaran (output)
v  Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.

2.      UART (Universal Asincrhounus Recivier transmiter)
      adalah bagian perangkat keras komputer yang menerjemahkan antara bit-bit paralel data dan bit-bit serial. Biasanya berupa sirkuit terintegrasi yang digunakan untuk komunikasi serial pada komputer atau port serial perangkat periperal. Termasuk di dalam beberapa mikrokontroler.


Tipe-tie UART
1.      8250 UART pertama pada seri ini. Tidak memiliki register scratch, versi 8250A merupakan versi perbaikan dari 8250 yang mampu bekerja dengan lebih cepat;
2.      8250A UART ini lebih cepat dibandingkan dengan 8250 pada sisi bus. Lebih mirip secara perangkat lunak dibanding 16450;
3.       8250B Sangat mirip dengan 8250;
4.      16450 Digunakan pada komputer AT dengan kecepatan 38,4 Kbps, masih banyak digunakan hingga sekarang;
5.      16550 Generasi pertama UART yang memiliki penyangga, dengan panjang 16-byte, namun tidak bekerja (produk gagal) sehingga digantikan dengan
6.      16550A;
-        16550A UART yang banyak digunakan pada komunikasi kecepatan tinggi, misalnya 14,4 Kbps atau 28,8 Kbps;
-        16650 UART baru, memiliki penyangga FIFO 32-byte, karakter Xon/Xoff terprogram dan mendukung manajemen sumber daya;
7.       16750 Diproduksi oleh Texas Instrument, memiliki FIFO 64-byte!

3.      USART (Universal Synchronous-Asynchronous Receiver/Transmitter)

       merupakan komunikasi yang memiliki fleksibilitas tinggi, digunakan untuk melakukan transfer data baik antar mikrokontroler maupun dengan modul-modul eksternal termasuk PC yang memiliki fitur UART.
memungkinkan transmisi data baik secara syncrhronous maupun asyncrhronous, sehingga dengan memiliki USART pasti kompatibel dengan UART.
Komunikasi serial data antara master dan slave pada SPI diatur melalui 4 buah pin yang terdiri dari SCLK, MOSI, MISO, dan SS sbb:
·         SCLK dari master ke slave yang berfungsi sebagai clock
·         MOSI jalur data dari master dan masuk ke dalam slave
·         MISO jalur data keluar dari slave dan masuk ke dalam master
·         SS (slave select) merupakan pin yang berfungsi untuk mengaktifkan slave.

4.      Serial Peripheral Interface (SPI)
       Serial Peripheral Interface (SPI) adalah protokol data serial sinkron digunakan oleh mikrokontroler untuk berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat periferal cepat jarak pendek. Hal ini juga dapat digunakan untuk komunikasi antara dua mikrokontroler. Dengan koneksi SPI selalu ada perangkat satu master (biasanya mikrokontroler) yang mengontrol perangkat periferal.
       Komunikasi SPI membutuhkan 3 jalur yaitu MOSI, MISO, dan SCK. Melalui komunikasi ini data dapat saling dikirimkan baik antara mikrokontroller maupun antara mikrokontroller dengan peripheral lain di luar mikrokontroller.
Penjelasan 3 jalur utama dari SPI adalah sebagai berikut :
v  MOSI    : Master Output Slave Input Artinya jika dikonfigurasi sebagai master maka pin MOSI sebagai output tetapi jika dikonfigurasi sebagai slave maka pin MOSI sebagai input.
v  MISO    : Master Input Slave Output Artinya jika dikonfigurasi sebagai master maka pin MISO sebagai input tetapi jika dikonfigurasi sebagai slave maka pin MISO sebagai output.
v  CLK      : Clock Jika dikonfigurasi sebagai master maka pin CLK berlaku sebagai output  tetapi  jika dikonfigurasi  sebagai  slave  maka  pin  CLK berlaku sebagai input.

        Untuk mengatur mode kerja komunikasi SPI ini dilakukan dengan menggunakan register SPCR (SPI Control Register), SPSR (SPI Status Register) dan SPDR (SPI Data Register).


A.    SPI Control Register (SPCR)
Mode SPCR yang digunakan adalah sebagai berikut :
a.       Bit-6 SPE (SPI Enable)
SPE digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan komunikasi SPI dimana jika SPI bernilai 1 maka komunikasi SPI aktif sedangkan jika bernilai 0 maka komunikasi SPI tidak aktif.
b.       Bit-4 MSTR (Master or Slave Select)
MSTR digunakan untuk style="letter-spacing: .55pt;"> mengkonfigurasi sebagai master atau slave secara software dimana jika MSTR bernilai 1 maka terkonfigurasi sebagai maste sedangkan MSTR bernilai 0 maka terkonfigurasi sebagai slave.
c.       Bit-1 SPR1/0 (SPI Clock Rate Select)
SPR1 dan SPR0 digunakan untuk menentukan kecepatan clock yang digunakan dalam komunikasi SPI.
B.     SPI Status Register (SPSR)
Dalam SPSR mode pengaturan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a.       SPIF (SPI Interrupt Flag)
SPIF merupakan bendera yang digunakan untuk mengetahui bahwa proses pengiriman data 1 byte sudah selesai. Jika proses pengirimandata sudah selesai maka SPIF akan bernilai satu (high).
C.     SPI Data Register (SPDR)
a.       SPDR merupakan register yang digunakan untuk menyimpan data yangakan dikirim atau diterima pada komunikasi SPI.

5.      Serial Communication Interface (SCI)
                                                                               
        adalah perangkat yang memungkinkan seri (satu bit pada satu waktu) pertukaran data antara mikroprosesor dan peripheral.  SCI adalah komunikasi dimana pengiriman data dilakukan per bit, sehingga lebih lambat dibandingkan komunikasi parallel seperti pada port printer yang mampu mengirim 8 bit sekaligus dalam sekali detak.
SCI memungkinkan komunikasi serial dengan mikroprosesor lain atau dengan jaringan eksternal. SCI berisi konverter paralel-to-serial yang berfungsi sebagai pemancar data, dan konverter serial-to-paralel yang berfungsi sebagai penerima data. SCI beroperasi dalam nonreturn-to-nol ( NRZ ) format, dan dapat berfungsi dalam half-duplexmodus (hanya menggunakan receiver atau hanya pemancar) atau full duplex (menggunakan receiver dan transmitter secara bersamaan). Keuntungan yang paling signifikan adalah kabel sederhana. Selain itu, kabel interface serial bisa lebih panjang daripada kabel antarmuka paralel, karena ada interaksi jauh lebih sedikit (crosstalk) di antara konduktor dalam kabel.
Ada 2 macam cara komunikasi data serial yaitu Sinkron dan Asinkron.

1. Komunikasi data serial sinkron, clock dikirimkan bersama sama dengan data serial,  tetapi clock tersebut dibangkitkan sendiri – sendiri baik pada sisi pengirim maupun  penerima.

2.Komunikasi serial asinkron tidak diperlukan clock karena data  dikirimkan dengan kecepatan tertentu yang sama baik pada pengirim / penerima.  Devais pada komunikasi serial ada 2 kelompok yaitu:
a.        Data Communication Equipment (DCE). Contoh dari DCE ialah modem, plotter, scanner dan lain lain

b.      Data Terminal Equipment (DTE). Contoh dari DTE ialah terminal  di komputer.
Keuntungan penggunaan port serial.
      Masalah cable loss tidak akan menjadi masalah besar daripada menggunakan kabel parallel. Hanya menggunakan 3 kabel yaitu saluran Transmit Data, saluran Receive Data, dan saluran Ground (Konfigurasi Null Modem). Kebanyakan mikrokontroller sudah dilengkapi dengan SCI (Serial Communication Interface) yang dapat digunakan untuk komunikasi dengan port serial komputer.

6.      Analog to Digital Converter (ADC)

      Analog To Digital Converter (ADC adalah perangkat yang digunakan
untuk mengkonversi sinyal masukan dalam bentuk analog (tegangan, arus, muatan electrik) menjadi sinyal keluaran dalam bentuk digital. Fungsi dari ADC adalah untuk mengubah data analog menjadi data digital yang nantinya akan masuk ke suatu komponen digital yaitu mikrokontroller AT89S51.
      ADC (Analog to Digital Converter) memiliki 2 karakter prinsip, yaitu kecepatan sampling dan resolusi. Kecepatan sampling suatu ADC menyatakan seberapa sering sinyal analog dikonversikan ke bentuk sinyal digital pada selang waktu tertentu. Kecepatan sampling biasanya dinyatakan dalam sample per second (SPS). Pengaruh Kecepatan Sampling ADC Resolusi ADC menentukan ketelitian nilai hasil konversi ADC.

Ø  Parameter-Parameter Penting Pada ADC
a.       Resolusi konversi ADC adalah saat dapat mengkonversikan data analog kedalam bit-bit digital tersebut.

b.      Time Konversi adalah waktu yang dibutuhkan oleh ADC untuk mengkonversi data analaog ke digital, untuk menentukan time konversi ini tentunya kita harus melihat di datasheet nya, dan harus dilihat untuk kebutuhan seperti apa.


7.      DAC( Digital to Analog Converter)
      adalah perangkat untuk mengkonversi sinyal masukan dalam bentuk digital menjadi sinyal keluaran dalam bentuk analog (tegangan, arus, muatan electrik). Tegangan keluaran yang dihasilkan DAC sebanding dengan nilai digital yang masuk ke dalam DAC. Sebuah DAC menerima informasi digital dan mentransformasikannya ke dalam bentuk suatu tegangan analog. Informasi digital adalah dalam bentuk angka biner dengan jumlah digit yang pasti.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar