BAB I
Sistem Komputer Minimal
I.
Pengertian
komputer terapan jaringan .
Komputer
terapan jaringan adalah sekelompok computer rekayasa(terapan) yang saling berhubungan antara satu
dengan lainnya menggunakan protocol komunikasi melalui mediakomunikasi sehingga
dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat
keras dengan tujuan membawa informasi secara cepat dan tepat dari sisi pengirim
(Transmitter) menuju ke sisi penerima (Receiver).
II.
Bagan
sistem komputer minimal.
III.
Fungsi
tiap bagian bagan sistem komputer minimal.
Pemroses
(processor) - Berfungsi mengendalikan operasi komputer & melakukan fungsi pemrosesan data.
a. Memori
Utama - Berfungsi menyimpan data & program. Biasanya volatile : tidak dapat mempertahankan data &
program yang disimpan bila sumber daya energy (listrik) dihentikan.
b. Perangkat
masukan dan keluaran - Berfungsi memindahkan data antara computer & lingkungan
eksternal yaitu : perangkat penyimpan sekunder, perangkat komunikasi, terminal,
dsb
c. Interkoneksi
antarkomponen (bus) - adalah struktur & mekanisme untuk menghubungkan
pemroses, memori utama, & perangkat masukan/keluaran.
IV.
Macam
dan jenis komputer terapan jaringan, berdasar-kan:
a.
Fungsi alat.
Ø Jaringan
nirkabel(Wi-Fi)
Wireless
adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan
telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti
kabel. Wireless LAN menggunakan gelombang elektromagetik (radio dan infra
merah) untuk melakukan komunikasi data menyalurkan data dari satu point ke
point yang lain tanpa melalui fasilitas fisik. Koneksi ini menggunakan
frekuensi tertentu untuk menyalurkan data tersebut, kebanyakan Wireless LAN
menggunakan frekuensi 2,4 GHz.
Kelebihan dan Kekurangan Wirelles :
Kelebihan
:
1. Pemeliharaan
murah
2. Infrastruktur
berdimensi kecil
3. Pembangunan
cepat
4. Mudah
dan murah untuk direlokasi dan mendukung portabilitas
5. Koneksi
internet akses 24 jam
6. Akses
internet yang cepat
7. Bebas
tanpa pulsa telepon
secara geografis.
Kekurangan
:
1. Biaya
peralatan mahal
2. Delay
yang sangat besar
3. Kesulitan
karena masalah propagasi radio
4. Keamanan
data
5. Kapasitas
jaringan karena keterbatasan spectrum
6. Rentan
terhadap noice
Ø Jaringan
Berkabel (Wired Network)
Wire
Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai
mediapenghantar. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakanbahan sejenis fiber
optic atau serat optik. Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada LAN.
Kelebihan dan Kekurangan jaringan
Berkabel :
Kelebihan:
1. Tidak
rentan terhadap penyadapan data dibanding teknologi wireless.
2. Dengan
Kabel, kecepatan yang dikutip dalam Mbps (ke bawah atau ke
atas).
Kekurangan
:
1. Attenuasi
meningkat pada frekuensi tinggi.
2. Pada
frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi
timbulnya acoecrosstalka dan sinyal acoenoisea
b.
Alat koneksi.
Ø Client-Server
Client-Server
adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client (biasanya aplikasi yang
menggunakan GUI) dengan server. Masing-masing client dapat meminta data atau
informasi dari server. Sistem client server didefinisikan sebagai sistem
terdistribusi.
Ø Peer to Peer
Peer
To Peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan
juga menjadi client secara bersamaan. pengertian yang lebih tepat mengenai peer
to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu
komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga
memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara
langsung (real time).
Ø Hybrid Network
Hybrid
Network adalah Network yang dibentuk dari berbagai Topologi (seperrti dan
Teknologi. Sebuah Hybrid Network mungkin sebagai contoh, diakibatkan oleh
sebuah pengambilan alihan suatu perusahaan. Sehingga, ketika di gabungkan maka
teknologi-teknologi yang berbeda tersebut harus digabungkan dalam network
Tunggal. Sebuah Hybrid metwork memiliki semua Karakteristik dari topologi yang
terdapat dalam jaringan tersebut.
c.
Ukuran.
Ø LAN
Local
Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya
hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan computer kampus, gedung, kantor,
dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis
pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai
kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.
Selain
teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga
sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi
LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. LAN mempunyai karakteristik
sebagai berikut :
1. Mempunyai
pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi
wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak
membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Ø MAN
Metropolitan
area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan
transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti
kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN
adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km
Ø WAN
WAN
adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide
Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai
contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau
dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan
saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal
yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di
lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi
yang lain.
Ø INTERNET
Internet
dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh
dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
d.
Interkoneksi
berdasarkan jarak antar node.
Jarak antar computer
|
Lokasi / area
|
Jenis jaringan
|
1 - 10 m
|
Ruangan
|
LAN
|
100 -< 1 km
|
Gudang perkantoran
|
LAN
|
1 – 10 Km
|
Kota
|
MAN
|
10 -< 100 km
|
Kabupaten, provinsi
|
MAN
|
ð
100 km
|
Negara
|
WAN
|
ð
1000 km
|
Benua
|
WAN
|
ð
10.000 km
|
Planet
|
Internet
|
BAB II
KINERJA
JARINGAN KOMPUTER
1.
Fungsi spesifik piranti pendukung
jaringan komunikasi data
A.
Hardware
Pendukung Jaringan Internet :
1.
Modem
-
Adalah
alat komunikasi dua arah agar dapat berhubungan dengan ISP (Internet Service
Provider
-
penyedia jasa internet) yang memberikan
akses berkecepatan tinggi ke internet melalui jaringan kabel televisi.
2.
HUB
-
Untuk menghubungkan antar segmen dalam
jaringan. Bekerja pada level fisik (layer pertama) dari model referensi OSI.
-
Hub bertugas mengkoneksikan setiap node
agar terhubung dengan sebuah backbone utama dalam proses transmisi data.
3.
Router
-
Alat jaringan komputer yang mengirimkan
paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya.
-
Sebagai penghubung antar dua atau lebih
jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
-
Router berbeda dengan switch. Switch
merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network
(LAN).
4. Kartu
Jaringan (NIC)
-
Sebagai jembatan dari komputer ke sebuah
jaringan komputer. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token
Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter
dan Dial-up Adapter.
-
Berfungsi untuk mengubah aliran data
paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat
ditransmisikan di atas media jaringan.
B.
Software Pendukung Jaringan Internet
1.
Sistem operasi
Sistem operasi jaringan untuk menangani
jaringan. beberapa layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak
(printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.Sistem operasi
jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:
-
Microsoft MS-NET
-
Microsoft LAN Manager
-
Novell NetWare
-
Microsoft Windows NT Server
-
GNU/Linux
-
Banyan VINES
-
Varian UNIX, seperti SCO OpenServer,
Novell UnixWare, atau Solaris
2.
Web browser
a. Internet
Explorer (IE)
Internet Explorer adalah sebuah browser
web proprieter yang gratis dari Microsoft dan paling banyak digunakan.
Kelemahan utama IE adalah pada masalah security (tidak aman).
b. Mozilla
Firefox
Firefox dari Mozilla Corporation adalah
freeware yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan IE, mudah
dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna.
c. Opera
Kelebihan browser Opera adalah mampu
menampilkan halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama
dibanding browser lain.
d. Google
Chrome
Google melancarkan web browser dengan
meluncurkan Chrome, sebuah web browser baru yang diklaim memiliki terobosan
baru dalam kecepatan, kemudahan penggunaan, serta integrasi yang baik dengan
aplikasi berbasis web.
e. Lunascape
Lunascape, sebuah browser baru yang
mampu menangani tiga redenring engine terbesar, yakni Firefox Gecko, Internet
Explorer Trident dan WebKit, yang bisa digunakan di Safari dan Chrome.
f. Safari
Safary adalah browser milik Apple. Apple memasang
Nitro Engine untuk menggenjot kecepatan Safari 4. Nitro Engine adalah mesin
JavaScript super cepat yang digunakan untuk melipatgandakan kemampuan JavaScript
pada browser Safari sampai 30 kali lipat lebih cepat.
2.
Piranti Penyimpan dan Penyedia Data :
1. Hard
disk
alat penyimpanan data
sekunder kapasitas besar dan bervariasi, serta memiliki interface yang berbeda
sesuai teknologi. Fungsi utama untuk meyimpaan system operasi dan aplikasi yang
ada. Namun juga ada hard disk eksternal yang fungsinya untuk menyimpan data
tetapi lebih portable karena menggunakan interface USB.
2.
Flashdisk
merupakan media penyimpan data dengan kapasitas kecil, berfungsi sebagai alat bootable media sistem operasi komputer karena dapat diganti sesuai keperluan dan tidak terbatas. Namun flashdisk dapat disalah fungsikan, yaitu untuk menyebarkan virus untuk menyerang computer dan mencuri data.
merupakan media penyimpan data dengan kapasitas kecil, berfungsi sebagai alat bootable media sistem operasi komputer karena dapat diganti sesuai keperluan dan tidak terbatas. Namun flashdisk dapat disalah fungsikan, yaitu untuk menyebarkan virus untuk menyerang computer dan mencuri data.
3.
Floppy Disk
adalah alat penyimpanan
yang berbentuk persegi atau persegi panjang dengan daya penyimpanan sebesar
1,44 MB. Fungsionalitas sebagai penyimpan data portable pada masanya floppy
disk hanya cukup menampung beberapa file saja. Disket juga berfungsi sebagai
media untuk menjalankan OS DOS.
4.
CD
adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul, mempunyai diameter luar 120 mm dan diameter 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar 750 MB. kebebanyakan digunakan untuk menyimpan data berupa music, gambar, dan video.
adalah sebuah media penyimpanan optical yang paling awal muncul, mempunyai diameter luar 120 mm dan diameter 15 mm, serta pembacaan dan penulisaan data pada piringannya menggunakan laser. Kapasitas dari CD pada umumnya adalah sebesar 750 MB. kebebanyakan digunakan untuk menyimpan data berupa music, gambar, dan video.
5.
DVD
merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB. Pada umunya media DVD digunakan untuk instalasi OS, walaupun begitu DVD juga berfungsi sama seperti CD.
merupakan media penyimpanan optical setelah CD, yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu pada umumnya 4,7 GB, tetapi ada juga yang mempunyai kapasitas sebesar 17GB. Pada umunya media DVD digunakan untuk instalasi OS, walaupun begitu DVD juga berfungsi sama seperti CD.
6.
Blue Ray
versi selanjutnya dari
CD dan DVD yaitu Blue Ray yang merupakan upgrade atau pengembangan dari CD dan
DVD. Kapasitasnya juga tentu jauh lebih besar yaitu sekita 50GB. Bluray
dipasaran kebanyakan digunakan untuk penyimpanan film/video.
7.
RAM
adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program.
adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan. Perintah data tersebut mencakup data yang akan dibaca dari harddisk, data-data yang dimasukkan melalui alat input komputer, dan juga data-data hasil pemrosesan sebuah program.
8.
Cache Memory
merupakan media
penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi, dimana tempat menyimpan data
atau informasi sementara yang sering digunakan atau diakses oleh komputer.
Fungsi Cache Memory
-
Mempercepat Akses data pada computer
-
Meringankan kerja prosessor
- Menjembatani perbedaan kecepatan antara cpu
dan memory utama.
- Mempercepat kinerja memory
9.
ROM
Umumnya ROM tidak dapat diubah oleh sembarang pihak, karena ROM hanya dapat diakses dengan software tertentu dalam pengisiannya. Biasanya, data atau program yang tertulis pada ROM diisi oleh pabrik yang membuatnya. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras.
Umumnya ROM tidak dapat diubah oleh sembarang pihak, karena ROM hanya dapat diakses dengan software tertentu dalam pengisiannya. Biasanya, data atau program yang tertulis pada ROM diisi oleh pabrik yang membuatnya. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras.
C. Kartu
Antar Muka Jaringan
Kartu antarmuka
jaringan (Network Interface Card=NIC) menyediakan hubungan secara fisik antara
jaringan dan komputer workstation.
Tiga macam NIC yang umum digunakan
adalah kartu Ethernet, Konektor Local Talk, dan kartu antar muka jaringan Token
Ring. Dari ketiga macam kartu antar muka jaringan tadi, kartu Ethernet adalah
yang paling populer, diikuti oleh Token Ring dan Local Talk.
a.
Ethernet Card
Kartu Ethernet
menyediakan sambungan untuk coaxial dan kabel twisted pair.Apabila dirancang
untuk kabel coaxial, sambungannya berupa BNC. Apabila dirancang untuk kabel twisted
pair, sambungannya berupa RJ-45.
b.
Token Ring Card
Kartu Token Ring persis
seperti Ethernet. Satu bagian yang membedakan adalah tipe konektor di kartu
antar muka tersebut. Kartu Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor sembilan
pin DIN yang terletak pada kartu.
D. Konsentrator
Ethernet :
adalah
perangkat untuk menyatukan kabel – kabel jaringan dari setiap workstation ,
server atau perangkat dalam sebuah jaringan komputer.
Jenis – jenis konsentrator yang umumnya digunakan adalah :
Jenis – jenis konsentrator yang umumnya digunakan adalah :
·
Hub atau Repeater
Hub tidak mengatur alur
jalannya data dijaringan, setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim
(broadcast) ke semua port yang ada sehingga packet data tersebut sampai ke
tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat
jaringan.
·
Switch
Switch adalah perangkat
keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam
jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga
packet data dapat langsung sampai ke tujuan.
·
Bridge
Bridge adalah jenis
konsentrator yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan
transmisi berbeda. Bridge juga dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan
tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda. Bridge juga dapat
mengetahui alamat setiap client yang terhubung pada jaringan.
·
Router
Router adalah jenis
konsentrator yang dikhusus kan untuk menangani koneksi antar dua atau lebih
jaringan yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat
alamat asal dan alamat tujuan dari paket yang melewatinya dan memutuskan rute
yang akan dilewati paket tersebut untuk sampai ke tujuan.
E. Printer
server
Printer server adalah alat yang dapat
digunakan untuk mengakses printer atau gadget lain (scanner, external hard
drive, flash drive, memory card reader, USB Webcam, USB Speaker) dari komputer
mana saja tanpa harus ada komputer yang bertindak sebagai server. Didesain
untuk berbagi USB dengan seluruh jaringan (Print LAN) di rumah maupun di
kantor.
F. Titik
akses nirkabel
adalah
sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk
transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Biasanya tersambung
ke suatu router yang meneruskan data antara berbagai peranti nirkabel dengan
jaringan berkabel pada suatu jaringan. Sehingga berfungsi sebagai pengatur lalu
lintas data, memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui
jaringan.
BAB
III
Peripheral
– peripheral Jaringan pada Komputer Terapan
1.
Pengertian Peripheral
Peripheral adalah hardware tambahan
yang disambungkan ke computer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun perangkat
peripheral wireless.Peripheral ini bertugas membantu computer menyelesaikan
tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam
casing.
Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang
harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh : monitor,keyboard dan mouse.
Peripheral pendukung (auxillary
peripheral)
Yaitu peralatan yang
tidak mesti ada dalam mengoperasikan computer tetapi diperlukan unutk kegiatan
tertentu. Contoh : printer,modem, web cam dll.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya
dalam mendukung pengoperasian computer terbagi menjadi:
a.
Perangkat masukan (input)
v Adalah
perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer.
Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera
digital, microphone, dan periferal lainnya
b.
Perangkat keluaran (output)
v Adalah
peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau
perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor,
printer, plotter, speaker, dan lain lainnya.
2.
UART (Universal Asincrhounus Recivier
transmiter)
adalah bagian perangkat keras komputer
yang menerjemahkan antara bit-bit paralel data dan bit-bit serial. Biasanya
berupa sirkuit terintegrasi yang digunakan untuk komunikasi serial pada
komputer atau port serial perangkat periperal. Termasuk di dalam beberapa
mikrokontroler.
Tipe-tie
UART
1.
8250 UART pertama pada seri ini. Tidak
memiliki register scratch, versi 8250A merupakan versi perbaikan dari 8250 yang
mampu bekerja dengan lebih cepat;
2.
8250A UART ini lebih cepat dibandingkan
dengan 8250 pada sisi bus. Lebih mirip secara perangkat lunak dibanding 16450;
3.
8250B Sangat mirip dengan 8250;
4.
16450 Digunakan pada komputer AT dengan
kecepatan 38,4 Kbps, masih banyak digunakan hingga sekarang;
5.
16550 Generasi pertama UART yang
memiliki penyangga, dengan panjang 16-byte, namun tidak bekerja (produk gagal)
sehingga digantikan dengan
6.
16550A;
-
16550A UART yang banyak digunakan pada
komunikasi kecepatan tinggi, misalnya 14,4 Kbps atau 28,8 Kbps;
-
16650 UART baru, memiliki penyangga FIFO
32-byte, karakter Xon/Xoff terprogram dan mendukung manajemen sumber daya;
7.
16750 Diproduksi oleh Texas
Instrument, memiliki FIFO 64-byte!
3. USART
(Universal Synchronous-Asynchronous Receiver/Transmitter)
merupakan komunikasi yang memiliki
fleksibilitas tinggi, digunakan untuk melakukan transfer data baik antar
mikrokontroler maupun dengan modul-modul eksternal termasuk PC yang memiliki
fitur UART.
memungkinkan transmisi data baik secara syncrhronous maupun asyncrhronous, sehingga dengan memiliki USART pasti kompatibel dengan UART.
memungkinkan transmisi data baik secara syncrhronous maupun asyncrhronous, sehingga dengan memiliki USART pasti kompatibel dengan UART.
Komunikasi
serial data antara master dan slave pada SPI diatur melalui 4 buah pin yang
terdiri dari SCLK, MOSI, MISO, dan SS sbb:
·
SCLK dari master ke slave yang berfungsi
sebagai clock
·
MOSI jalur data dari master dan masuk ke
dalam slave
·
MISO jalur data keluar dari slave dan
masuk ke dalam master
·
SS (slave select) merupakan pin yang
berfungsi untuk mengaktifkan slave.
4. Serial
Peripheral Interface (SPI)
Serial Peripheral Interface (SPI) adalah
protokol data serial sinkron digunakan oleh mikrokontroler untuk berkomunikasi
dengan satu atau lebih perangkat periferal cepat jarak pendek. Hal ini juga
dapat digunakan untuk komunikasi antara dua mikrokontroler. Dengan koneksi SPI
selalu ada perangkat satu master (biasanya mikrokontroler) yang mengontrol
perangkat periferal.
Komunikasi SPI membutuhkan 3 jalur yaitu
MOSI, MISO, dan SCK. Melalui komunikasi ini data dapat saling dikirimkan baik
antara mikrokontroller maupun antara mikrokontroller dengan peripheral lain di
luar mikrokontroller.
Penjelasan 3 jalur
utama dari SPI adalah sebagai berikut :
v MOSI : Master Output
Slave Input Artinya jika dikonfigurasi sebagai master maka pin MOSI sebagai
output tetapi jika dikonfigurasi sebagai slave maka pin MOSI sebagai input.
v MISO : Master Input
Slave Output Artinya jika dikonfigurasi sebagai master maka pin MISO sebagai
input tetapi jika dikonfigurasi sebagai slave maka pin MISO sebagai output.
v CLK : Clock
Jika dikonfigurasi sebagai master maka pin CLK berlaku sebagai output
tetapi jika dikonfigurasi sebagai slave maka
pin CLK berlaku sebagai input.
Untuk mengatur mode kerja komunikasi SPI ini
dilakukan dengan menggunakan register SPCR (SPI Control Register), SPSR (SPI Status
Register) dan SPDR (SPI Data Register).
A. SPI Control Register (SPCR)
Mode SPCR yang
digunakan adalah sebagai berikut :
a.
Bit-6 SPE (SPI Enable)
SPE digunakan untuk
mengaktifkan dan menonaktifkan komunikasi SPI dimana jika SPI bernilai 1 maka komunikasi
SPI aktif sedangkan jika bernilai 0 maka komunikasi SPI tidak aktif.
b.
Bit-4 MSTR (Master or Slave
Select)
MSTR digunakan untuk
style="letter-spacing: .55pt;"> mengkonfigurasi sebagai master
atau slave secara software dimana jika MSTR bernilai 1 maka terkonfigurasi
sebagai maste sedangkan MSTR bernilai 0 maka terkonfigurasi sebagai slave.
c.
Bit-1 SPR1/0 (SPI Clock Rate Select)
SPR1 dan SPR0 digunakan
untuk menentukan kecepatan clock yang digunakan dalam komunikasi SPI.
B. SPI Status Register (SPSR)
Dalam SPSR mode
pengaturan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a.
SPIF (SPI Interrupt Flag)
SPIF merupakan bendera
yang digunakan untuk mengetahui bahwa proses pengiriman data 1 byte sudah
selesai. Jika proses pengirimandata sudah selesai maka SPIF akan bernilai satu
(high).
C. SPI Data Register (SPDR)
a.
SPDR merupakan register yang digunakan
untuk menyimpan data yangakan dikirim atau diterima pada komunikasi SPI.
5. Serial
Communication Interface (SCI)
adalah perangkat yang memungkinkan seri
(satu bit pada satu waktu) pertukaran data antara mikroprosesor dan peripheral.
SCI adalah komunikasi dimana pengiriman data dilakukan per bit, sehingga
lebih lambat dibandingkan komunikasi parallel seperti pada port printer yang
mampu mengirim 8 bit sekaligus dalam sekali detak.
SCI memungkinkan komunikasi serial dengan mikroprosesor lain atau dengan jaringan eksternal. SCI berisi konverter paralel-to-serial yang berfungsi sebagai pemancar data, dan konverter serial-to-paralel yang berfungsi sebagai penerima data. SCI beroperasi dalam nonreturn-to-nol ( NRZ ) format, dan dapat berfungsi dalam half-duplexmodus (hanya menggunakan receiver atau hanya pemancar) atau full duplex (menggunakan receiver dan transmitter secara bersamaan). Keuntungan yang paling signifikan adalah kabel sederhana. Selain itu, kabel interface serial bisa lebih panjang daripada kabel antarmuka paralel, karena ada interaksi jauh lebih sedikit (crosstalk) di antara konduktor dalam kabel.
SCI memungkinkan komunikasi serial dengan mikroprosesor lain atau dengan jaringan eksternal. SCI berisi konverter paralel-to-serial yang berfungsi sebagai pemancar data, dan konverter serial-to-paralel yang berfungsi sebagai penerima data. SCI beroperasi dalam nonreturn-to-nol ( NRZ ) format, dan dapat berfungsi dalam half-duplexmodus (hanya menggunakan receiver atau hanya pemancar) atau full duplex (menggunakan receiver dan transmitter secara bersamaan). Keuntungan yang paling signifikan adalah kabel sederhana. Selain itu, kabel interface serial bisa lebih panjang daripada kabel antarmuka paralel, karena ada interaksi jauh lebih sedikit (crosstalk) di antara konduktor dalam kabel.
Ada 2 macam cara
komunikasi data serial yaitu Sinkron dan Asinkron.
1. Komunikasi
data serial sinkron, clock dikirimkan bersama sama dengan data serial,
tetapi clock tersebut dibangkitkan sendiri – sendiri baik pada sisi
pengirim maupun penerima.
2.Komunikasi
serial asinkron tidak diperlukan clock karena data dikirimkan dengan
kecepatan tertentu yang sama baik pada pengirim / penerima. Devais pada komunikasi serial ada 2 kelompok
yaitu:
a.
Data Communication Equipment
(DCE). Contoh dari DCE ialah modem, plotter, scanner dan lain lain
b.
Data Terminal Equipment (DTE). Contoh
dari DTE ialah terminal di komputer.
Keuntungan
penggunaan port serial.
Masalah cable loss tidak akan menjadi
masalah besar daripada menggunakan kabel parallel. Hanya menggunakan 3 kabel
yaitu saluran Transmit Data, saluran Receive Data, dan saluran Ground
(Konfigurasi Null Modem). Kebanyakan mikrokontroller sudah dilengkapi dengan
SCI (Serial Communication Interface) yang dapat digunakan untuk komunikasi
dengan port serial komputer.
6. Analog
to Digital Converter (ADC)
Analog To Digital Converter (ADC adalah
perangkat yang digunakan
untuk mengkonversi
sinyal masukan dalam bentuk analog (tegangan, arus, muatan electrik) menjadi
sinyal keluaran dalam bentuk digital. Fungsi dari ADC adalah untuk mengubah
data analog menjadi data digital yang nantinya akan masuk ke suatu komponen
digital yaitu mikrokontroller AT89S51.
ADC (Analog to Digital Converter)
memiliki 2 karakter prinsip, yaitu kecepatan sampling dan resolusi. Kecepatan
sampling suatu ADC menyatakan seberapa sering sinyal analog dikonversikan ke
bentuk sinyal digital pada selang waktu tertentu. Kecepatan sampling biasanya
dinyatakan dalam sample per second (SPS). Pengaruh Kecepatan Sampling ADC
Resolusi ADC menentukan ketelitian nilai hasil konversi ADC.
Ø Parameter-Parameter
Penting Pada ADC
a.
Resolusi konversi ADC
adalah saat dapat mengkonversikan data analog kedalam bit-bit digital tersebut.
b.
Time Konversi
adalah waktu yang dibutuhkan oleh ADC untuk mengkonversi data analaog ke
digital, untuk menentukan time konversi ini tentunya kita harus melihat di
datasheet nya, dan harus dilihat untuk kebutuhan seperti apa.
7. DAC(
Digital to Analog Converter)
adalah perangkat untuk mengkonversi
sinyal masukan dalam bentuk digital menjadi sinyal keluaran dalam bentuk analog
(tegangan, arus, muatan electrik). Tegangan keluaran yang dihasilkan DAC
sebanding dengan nilai digital yang masuk ke dalam DAC. Sebuah DAC menerima
informasi digital dan mentransformasikannya ke dalam bentuk suatu tegangan analog.
Informasi digital adalah dalam bentuk angka biner dengan jumlah digit yang
pasti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar